Wednesday 27 May 2015

Basic Cost Consept (Konsep Dasar Biaya)

- Budgeted Cost (Biaya yang dianggarkan)
- Actual Cost (Biaya yang benar-benar terjadi)
- Cost Object (Objek biaya/segala sesuatu yang dikenakan biaya)
- Cost Accumulation (Akumulasi biaya/biaya keseluruhan)
- Cost Assignment (Penetapan biaya) -> menentukan biaya dengan cara:

  • Tracing (menelusuri secara langsung) -> ketika biaya terlihat
  • Allocation (biaya tidak terlihat)
- Direct Cost (Biaya langsung) -> biaya yang secara langsung bisa ditelusuri
- Indirect Cost (Biaya tidak langsung) -> biaya yang tidak bisa ditelusuri secara 
- Labor Cost (Biaya tenaga kerja)
- Fixed Cost (Biaya tetap) -> biaya yang harus dikeluarkan dalam keadaan apapun
- Variable Cost (Biaya yang berubah-ubah tergantung produksi yang terjual)
- Range (Kapasitas tertentu)
- Cost Behaviour (Tingkah laku biaya)
- Product Cost (Biaya per produk)

Analisis SWOT

1. Strength adalah situasi atau kondisi internal yang merupakan kekuatan dari organisasi/perusahaan pada saat ini.

2. Weakness adalah situasi atau kondisi internal yang merupakan kelemahan dari organisasi/perusahaan pada saat ini.

3. Opportunity adalah situasi atau kondisi eksternal yang merupakan peluang untuk berkembang bagi organisasi/perusahaan pada saat ini.

4. Threat adalah situasi atau kondisi eksternal yang merupakan ancaman bagi organisasi/perusahaan dan dapat mengancam eksistensi organisasi/perusahaan di masa depan.