Rabu, 26 Juni 2013

Knowledge, Skill and Attitude

Jembatan Biru, Asrama STEI Tazkia 

Assalamuallaikum wr.wb

Siang yang sangat panas di Asrama STEI Tazkia, Bogor. 13 Juni 2013. Walaupun Bogor dikatakan sebagai kota hujan tetapi tetap saja yang namanya panas pasti sangat mengganggu. Tapi kali ini siang yang berbeda karena semua mahasiswa materikulasi STEI Tazkia akan melakukan acara Matriculation Closing Ceremony  dan mahasiswa pun senang haha, karena setelah sekitar 10 bulan diberikan ilmu yang sangat berharga di asrama tercinta. Ya setelah melaksanakan UAS matematika dan shalat Dzuhur semua mahasiswa berkumpul di Ibnu Khaldun Building. Acara ini dihadiri oleh beberapa staff STEI Tazkia Sentul juga dan Syekh Ramadhan turut hadir serta memberikan beberapa pengantar kata kepada mahasiswa. Serta Ayahanda Ust. Syafi'i Antonio juga hadir untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa :)

Ada beberapa motivasi yang sangat masih terdengar jelas dikuping saya sampai saat ini, Yaitu Cara agar mahasiswa STEI Tazkia menjadi lulusan yang handal dan sangat bermanfaat untuk lingkungannya.
Caranya yaitu kita harus memiliki Knowledge, Skill, dan Attitude yang sangat baik.

1. Knowledge (Pengetahuan)
Ust. Syafi'i Antonio mengatakan setiap mahasiswa pasti sudah akan atau wajib mendapatkan knowledge didalam kelas, namun menurut saya ini masih kurang, karena pengetahuan itu begitu luas kita masih bisa mencarinya juga diluar kelas. Oleh karena itu jangan hanya terpaku mendapatkan knowledge itu didalam kelas.

2. Skill (Ketrampilan)
"Skill itu tidak ada didalam kelas, maka kita harus menghadirkan ketrampilan itu sendiri, caranya dengan banyak latihan" Ust. Syafi'i Antonio. Ya benar sekali, untuk menggali ketrampilan yang kita miliki kita harus banyak latihan, seperti halnya Crhistian Ronaldo dia memiliki ketrampilan bermain sepak bola dengan sangat baik karena dia banyak latihan. Saya pernah baca kalau dia rata-rata latihan 5-6 jam sehari.

3. Attitude (Sikap)
Inilah hal yang sangat penting dalam hidup kita. SIKAP. Bukan diri kita yang menilai tetapi orang lain yang menilai bagaimana sikap kita sehari-hari dalam menjalani hidup ini. Dari sikap kita juga orang lain akan tau bagaimana gambaran kehidupan kita. Sikap ini harus kita latih karena sangat berguna unutk dunia kerja dan juga dunia bisnis. Namun, masih banyak orang belum bisa melatih sikap ini, banyak orang yang dipecat hanya karena dia tidak memiliki sikap yang baik walaupun dia cerdas. Jadi Attitude adalah hal nomor satu yang sekarang paling dicari didunia kerja.

Ya itulah beberapa motivasi yang dikatakan Ust. Syafi'i Antonio dalam penutupan Matriculation Closing Ceremony kepad para mahasiswa. Terima kasih saya ucapkan kepada ayahanda karena telah memberika motivasi yang begitu berharga :) . Bakal kangen asrama dah hahaha :p xD Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Mohammad Faqih Thalhah



Wassalamuallaikum wr.wb



Tidak ada komentar: