Wednesday 19 June 2013

Manfaat Networking dan Silaturahmi



1. Wasiat Penutup Para Rasul

Menyambung Tali adalah wasiat penutup para rasul. Rasulullah saw. bersabda, "Takutlah kepada Allah dan sambunglah tali silaturahmi." (HR Baihaqi, Hadits Hasan, no.7950).

Juga sabda beliau, "Sebarkan salam, sambunglah tali silaturahmi, shalatlah di malah hari di saat manusia terlelap tidur, niscaya kamu akan masuk surga dengan selamat." (HR Turmudzi,Shahih,Riyadhus Shalihin, no.849)

Sabda beliau, "barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi." (HR Bukhari, no. 6139)

2. Dilapangkan Rezekinya

Rasulullah saw. bersabda,"Barang siapa yang senang agar dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi." (HR Bukhari, no. 5527 dan Muslim 4639)

Sudah banyak kita baca dan dengar bagaimana mudahnya rezeki datang bagi orang yang luas silaturahminya, atau jaringan kerjanya. Bisnis yang maju ternyata sangat didukung oleh network yang ada dan dijaga. Melupakan silaturahmi dengan alasan sibuk mencari rezeki, malah sangat mungkin akan menjadikan rezeki kita sempit.

Orang yang menyambung tali silaturahmi biasanya tidak akan menemui masa sulit. Nabi saw. bersabda, "Tidaklah sebuah keluarga yang gemar menyambung tali silaturahmi kemudian mereka akan meminta-minta." (HR Ibnu Hibban)

3. Dipanjangkan Umurnya

Nabi saw. bersabda, "Silaturahmi dapat menambah umur, sedangkan shadaqah dengan sembunyi-sembunyi dapat meredam murka Allah." (HR Thabrani, Dhaif, no. 8061)

Dipanjangkan umur bisa berarti usianya benar-benar dipanjangkan, atau amalnya yang menyebabkan seseorang senantiasa dikenang dan 'hidup; di antara orang-orang yang pernah dikunjunginya.

4. Perbanyak Keturunan

Nabi saw. bersabda, "Sesungguhnya ketaatan yang akan disegerakan pahalanya adalah menyambung tali silaturahmi, bahkan sekiranya sebuah keluarga saling menyambung tali silaturahmi meskipun mereka durhaka, akan dilimpahkan harta benda mereka dan diperbanyak anak keturunan mereka." (HR Ibnu Hibban, Shahih, no. 440)

Silaturahmi-sabagaimana hadits ini-bisa menjadi pembuka jalan bagi orang yang ingin segera mendapat keturunan atau memperbanyak anggota keluarga, baik keluarga keturunan maupun keluarga berlandaskan persaudaraan sesama muslim.

5. Pahala di Dunia dan Akhirat

Di antara pahala di dunia adalah dimakmurkan negerinya, serta dikaruniakan ketaatan yang akan disegerakan pahalanya dan menghindarkan sebab-sebab su'ul khotimah. Sementara itu, pahala diakhirat adalah amalanya menjadi pendamping di dalam kubur dan di padang Mahsyar.

Rasulullah saw. bersabda, "Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah beriman kepada Allah, lalu menyambung tali silaturahmi, lalu amar ma'ruf nahi munkar." (HR Abu Ya'la)

Sumber: Buku Sakinan Finance

No comments: